Minggu, 30 September 2012

Email


Email

Pengertian email
Dapat kita ketahui dari kepanjangan email itu sendiri. Kata email merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang dalam bahasa indonesia memiliki arti ‘surat elektronik’. Mengapa disibut surat elektronik? Karena email merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbaris teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau telepon seluler. Pengertian email secara lebih spesifik ialah : email adalah cara pengiriman data file taks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya, dalam satu jaringan koputer.

Penemu dan sejarah email
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

 Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi
- Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
- Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
- Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
- Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
- Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.



Perkembangan email
Sebenarnya keberadaan email lebih tua lebih tua dibanding ARPAnet atau internet. Email muncul dan berkembang dari hal yang sederhana. Pada awalnya email hanyalah suatu yang sedikit lebih canggih dari pengetahuan kita saat ini sebagai file dan directory/folder, yaitu email pada saat itu hanya meletakkan pesan pada direktori user (pengguna) lain di tempat dimana mereka dapat melihatnya ketika user lain tersebut melakukan login.
Sistem email pertama dengan cara kerja seperti diatas adalah MAILBOX, yang digunakan pada Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1965. Disertai program untuk mengirim pesan pada komputer yang sama yang disebut SNDMSG.

Kemudahan penggunaan email
Email memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah : 
- Email akan lebih cepat sampai tujuan. Kecepatannya dimungkinkan hanya dengan menggunakan hitungan menit bahkan detik, meskipun pengiriman dari ujung utara hingga ujung selatan dunia. Bandingkan dengan surat konvensional butuh beberapa hari bahkan bulan. 
- Lebih aman. Email yang dikirim tidak takut atau khawatir tidak sampai selama jaringan komunikasi internet tetap tersedia. Pengiriman surat secara konvensional lebih mudah rusak atau hilang Karena perjalanan, bencana atau mudah disabotase. 
- Fleksibel. Email yang telah dikirim dan diterima akan mudah dibuka (dibaca dimanapun berada tempatnya, mudah dimodifikasi, dan segera dikirim kembali kepada pengirim atau kepada yang lainnya. 
- Mudah digandakan
- Sederhana dan formatnya lengkap. Isi email yang dikirimkan dapat berupa data teks, gambar atau grafik, video bahkan suara dengan menggunakan tempat yang lebih sederhana. 

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar